Legislator Ternate Usul Beli Lem Eha-Bond harus Ada Surat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Legislator Kota Ternate, Nurlela Syarif mendorong pembatasan pembelian lem karet bermerek Eha-Bond di Kota Ternate, Maluku Utara.

Ini untuk merespon maraknya penyalahgunaan lem dikalangan remaja yang makin marak belakangan ini.

Menurut Nurlela, Pemerintah Kota Ternate perlu membuat kebijakan berupa edaran atau instruksi terkait aturan pembelian lem di toko.

“Untuk itu kami berharap akan ada kajian dari teman-teman komisi hari ini, dimana kita akan mendorong agar pemerintah segera membuat kebijakan dalam bentuk surat instruksi atau edaran agar  toko yang menjual lem, sudah harus seperti orang beli obat, yang harus ada resep,” jelas Anggota Komisi III DPRD Kota Ternate saat dihubungi malutpost.id, Selasa (30/11).

Dia menambahkan jika ada instansi atau perusahaan atau orang yang membutuhkan lem dalam jumlah yang banyak untuk pekerjaan, maka harus memiliki surat.

Sedangkan untuk kalangan remaja tidak lagi diizinkan kecuali didampingi orang tua atau keluarga.

“Proses penjualan secara bebas ke anak remaja tidak lagi diizinkan,” bebernya.

Dari sisi aturan, kata Lela–panggilan akrba Nurlela, lem termasuk dalam klasifikasi zat adiktif lainnya. Soal ini juga sudah diatur Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Terhadap Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (P4GN).

“Ini sudah jadi tanggungjawab pemerintah Kota Ternate, karena dengan undang-undang atau aturan itu maka wajib tentunya kita melindungi anak-anak generasi muda, apalagi kota Ternate ini masuk kota layak anak,” katanya

Dia juga berharap Pemkot aktif mengedukasi Perda tersebut dengan melibatkan semua Organisasi Perangkat Daerah. “Seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Sosial, dan juga Dinas Pemuda dan Olahraga,”tandas politisi Nasdem tersebut.(mg-11) 

Sumber : https://news.malutpost.id/2021/12/01/legislator-ternate-usul-beli-lem-eha-bond-harus-ada-surat/

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Related Posts

Kotak Aspirasi

Whatsapp Form Widget by www.idblanter.com

Tuliskan Alamat kelurahan RT/RW dan Kecamatan

Kirim Sekarang
Design by Dunia Blanter
Design by www.idblanter.com
Design by www.blantertheme.com
Rio Ilham Hadi - Rhinokage Rio (about.idblanter.com)