Nurlela Syarif Inisiasi Terbentuknya Kader Inti Pemuda Anti Narkoba Malut

Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (KIPAN) Maluku Utara terbentuk, Minggu (24/10/2021).

Acara yang dilangsungkan di Museum Rempah-Rempah Benteng Orange Ternate tadi dihadiri Kadispora Maluku Utara, Ansar Daaly, Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Malut, Hairuddin Umaternate, Nurlaela Syarif selaku inisiator serta sejumlah pengurus KIPAN.

Pembentukan KIPAN ini sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 02 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika Tahun 2020-2024.

Nurlaela Syarif kepada Beritamalut.co menyampaikan, pembentukan KIPAN Maluku Utara ini sebagai tindaklanjut atas arahan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI serta Kementerian Koordinator Bidang PMK RI.

“Kebetulan karena selama ini eksistensi secara sukarela membentuk komunitas Talas Center Anti Narkoba Maluku Utara bermitra dengan BNNP Malut untuk gerakan P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika),” katanya.

“Jadi Kementerian menyarankan kami untuk fasilitasi dan koordinasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Malut dan BNNP Malut untuk pembentukan KIPAN Malut,” tutur anggota DPRD Kota Ternate ini.

Sementara itu menurut Kadispora Maluku Utara Ansar Daaly, KIPAN Malut sudah pernah laksanakan pelatihan kader, namun karena pandemi covid-19 sehingga belum sempat lakukan pertemuan untuk pembentukan pengurus.

“Kami sangat bersyukur kepada inisiator hari ini sudah kembali menggagas pembentukan KIPAN Malut, dan ini akan mendapat dukungan dari kami bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 ini akan dikukuhkan oleh Gubernur Maluku Utara,” tuturnya.

Lebih Ansar, bahwa Maluku Utara rentan dengan penyebaran dan peredaran narkoba, sehingga KIPAN Malut ini akan sangat strategis bersama-sama BNNP Malut dan mitra lainnya dalam gerakan pencegahan penggunaan narkoba di kalangan pemuda, karena wajib hukumnya pemuda Maluku Utara harus dilindungi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Malut, Hairuddin Umaternate menambahkan, dengan adanya Kader Inti Pemuda Anti Narkoba di Maluku Utara maka sangat strategis dalam pencegahan penggunaan narkoba di kalangan pemuda.

BNN katanya memang sangat berharap jejaring seperti ini bergerak sesuai amanah Inpres 02/2020. Karena ini menjadi tanggung jawab Dispora dan pemerintah provinsi untuk menjalankan amanah Inpres tentang narkoba ini, dan akan terimplementasi dalam bentuk program dan kegiatan.

“Narkoba musuh kita bersama, dan generasi muda menjadi sasaran empuk, sehingga jika hari ini ada kader-kader inti pemuda yang bergerak mengajak untuk pencegahan narkoba, BNN akan sangat mendukung,” ungkapnya.

Sekedar diketahui KIPAN Malut periode 2021-2023 diketuai oleh Riris Arista dan Junaidi Gamgulu sebagai sekretaris. (Sukur L)

Sumber : http://beritamalut.co/2021/10/24/nurlela-syarif-inisiasi-terbentuknya-kader-inti-pemuda-anti-narkoba-malut/

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

BeritaTerkait