DPRD Minta Wali Kota Ternate Evaluasi Kinerja Dinas Pendidikan

Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate meminta Wali Kota, Tauhid Soleman, mengevaluasi kinerja internal Dinas Pendidikan.

Pasalnya, setelah melakukan inventarisasi, Komisi III  menemui sejumlah masalah,  diantaranya, praktek pungli di sekolah-sekolah serta ada kepala sekolah yang belum memiliki NUKS dan lain-lain.

Hal itu diungkapkan anggota Komisi III DPRD Kota Ternate, Nurlaela Syarif saat diwawancarai Haliyora di ruang kerjanya, Senin (13/9/21).

Nurlaela mengatakan, DPRD melalui Komisi III menyarankan kepada Wali Kota agar memberikan kepercayaan dan tanggung jawab kepada sesorang untuk menjabat kepala sekolah harus sesuai persyaratan dan benar-benar memahami persoalan pendidikan.

“Saat ini praktek pungli di sekolah sudah marak. Memang tidak semua, tetapi ada kepala sekolah yang benar-benar taat aturan dan disiplin mengikuti aturan, namun sebagian tidak menaati aturan,” ungkapnya.

Dikatakan, Rencana Kerja Sekolah (RKS) selama ini juga tidak berjalan maksimal, Masih ada tambahan uang senin dan uang perbaikan kelas. Dan untuk melegalkan praktik pungli itu, maka  kebijakan tambahan uang yang dibebankan kepada siswa (wali siswa) itu diambil dengan melibatkan Komite Sekolah.

“Jadi walaupun Bosda dan Bos sudah ada namun praktek pungli masih marak terjadi di sekolah-sekolah di Kota Ternate ini. Makanya Komisi III menjadwalkan melakukan evaluasi terhadap pelayanan pendidikan di Kota Ternate dalam minggu ini,” pungkasnya. (wan-1)

Sumber : https://haliyora.id/2021/09/13/dprd-minta-wali-kota-ternate-evaluasi-kinerja-dinas-pendidikan/

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

BeritaTerkait