Gagasan soal Pengelolaan sampah di Kota Ternate
  1. Pengelolaan sampah tidak terpusat di Dinas DLH dan PUPR tapi berdasarkan aturan perundangan sampai di tingkat kecamatan dan kelurahan.
  2. Bangun kesadaran publik pengelolaan sampah di mulai dari kelola sampah rumah tangga karena sumber sampah paling besar dengan sistem 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) sampah rumah tangga didukung peran Camat/Lurah/RW dan RT/Vocal Point lainnya.
  3. Tegas menerapkan aturan kepada pelaku usaha dalam pengelolaan sampah, misalkan untuk restoran, cafe, pasar, hindari pengunaan sampah plastik dengan pengunaan fasilitas bahan bisa pakai ulang.
  4. Pusat perbelanjaan tidak menerapkan pengunaan tas plastik, jika iya harus berbayar atau menyarankan pengunaan tas atau kemasan daur ulang.
  5. Optimalisasi sampah perkantoran Pemerintah maupun Swasta dengan tidak lagi mengunakan air mineral tapi gunakan gelon atau tumbler. Dan hemat pengunaan kertas dg sistem elektronik
  6. Pemetaan barangka dan pemukiman dan lorong2 yang sulit di akses oleh armada untuk disesuaikan mekanisme dan model pengelolaan sampah.
  7. Penyediaan lahan dan Bak sampah unt transit sampah sebelum di angkat ke TPA dengan baik agar tidak menimbulkan bau dan pencemaran lingkungan, namun pengelolaannya harus optimal.
  8. Mengajak pihak swasta/bumn unt gencarkan program peduli sampah (CSR) tepat sasaran dan berkelanjutan.
  9. Buat pelatihan dan sosialisasi di setiap tingkatan kaitan menagemen sampah agar mendorong vocal point menjadi pengerak di masyarakat/Kader Sampah. Dan pelatihan petugas pengangkut sampah agar cara pengankutan sampah secara profesional.
  10. Efektivitas program Bank Sampah dan aplikasi sampah. Optimalisasi kesadaran masyarakat untuk program Sampah Bernilai Ekonomis kolaborasi pemuda, majelis talim, pelajar, remaja mesjid, pihak gereja/tempat ibadah dll.
  11. Program/kegiatan Ternate Pagi sampe Sore bersih malam bersinar. Yaitu Seluruh sampah tidak di buang pagi dan siang hari melainkan di angkut malam hari jam 9 malam oleh petugas sampah jd pagi-sore tidak terlihat tumpukan sampah. Dan pastikan lampu jalan terang dan menerangi kota ini
  12. Terapkan Perda Sampah Ternate secara efektif dan berkelanjutan serta menjadikan edukasi sampah dalam kurikulum lokal di sekolah mulai dari siswa PAUD-SMP dan Komite Sekolah.
  13. Swastanisasi Pengelolaan Sampah
  14. Dan lain-lain yang dianggap penting

Agar Masyarakat Tau Wakilnya terus bersuara untuk KEBERSIHAN KOTA INI!!!… Semoga Suara ini Di Eksekusi secara berkelanjutan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

BeritaTerkait