28 Armada Tak Cukup Tangani Produksi Sampah 100 Ton per Hari di Ternate

Anggota Komisi III DPRD Kota Ternate, Maluku Utara, Nurlaela Syarif menyatakan Ternate sudah masuk kategori darurat sampah.

Karena itu, kata dia, Pemerintah Kota Ternate tak boleh hanya fokus pada pembangunan. Penanganan sampah pun menjadi poin penting.

Politikus Partai Nasdem ini memaparkan, produksi sampah di Kota Ternate per hari mencapai 100 ton. Ini adalah volume sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Takome di Kecamatan Ternate Barat.

Produksi sampah tersebut terdiri dari 60 persen sampah non organik, 15 persen sampah plastik dan 25 persen terdiri dari sampah kertas, gelas dan besi.

Sementara untuk armada sampah pemkot memilik 18 unit dumptruck, 6 unit L300, dan 4 unit arm roll. Menurut Nurlaela, jumlah armada ini tidak seimbang dengan jumlah penduduk dan produksi sampah di Kota Ternate.

“18 dumptruck ini dari masa jabatan Wali Kota almarhum Syamsir Andili, dan ada 9 unit yang tidak layak namun masih dipaksakan untuk digunakan beroperasi. Kita sudah mendorong terkait dengan pelayanan sampah yang memadai,” jelasnya, Rabu (1/9).

Ia bilang, pola pengelolaan sampah ini masih tertumpuk hanya di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan. Belum ada terobosan baru selain depomart di Kelurahan Bastiong.

“Seharusnya ada optimalisasi bak sampah. Selama ini pengadaan bak sampah di beberapa titik, namun hanya semangat pengadaan saja, tapi keberlanjutannya tidak maksimal,” ujar Nurlaela.

Dari 6 titik bak sampah yang ada di Ternate, hanya 2 titik yang optimal yakni di Kelurahan Tubo dan Kalumata. Sementara 4 lainnya belum ada progres maksimal.

“Kendalanya juga soal anggaran, maka hal ini harus jadi perhatian pemkot untuk dimaksimalkan,” tukasnya.

Nurlaela berharap pemkot mempunyai progres yang baru, misalnya ada sampah yang bisa dikelola untuk daur ulang dan lainnya.

“Agar progres peningkatan sampah ini jangan tiap tahun terus mengalami kenaikan. Sampah ini harus jadi prioritas yang ditangani bersama. Karena tingkat kesadaran masyarakat juga masih minim soal sampah,” tandasnya.

Penulis : Yunita Kaunar

Editor : Ika FR

Sumber : https://www.tandaseru.com/2021/09/01/28-armada-tak-cukup-tangani-produksi-sampah-100-ton-per-hari-di-ternate/2/

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

BeritaTerkait