Komisi III Sarankan PDAM Lakukan Pemetaan Titik Mana Dilakukan Optimalisasi

Komisi III DPRD kota Ternate menanggapi masih adanya sejumlah RT di Kota Ternate yang mendapatkan distribusi air tidak lancar dari PDAM.

Menurut, Anggota Komisi III, Nurlela Syarif bahwa kemarin banyak laporan yang masuk ke DPRD terkait keluhan masyarakat terhadap air bersih.

“Memang problem di PDAM ini merupakan problem yang berlarut-larut dan tidak ada solusi yang maksimal terhadap kebutuhan mendasar masyarakat,” katanya, Senin (30/8/2021).

Untuk itu Komisi III DPRD berharap kepada PDAM atau pemerintah daerah dapat melakukan pemetaan persoalan yang akan ditindak lanjuti wilayah atau titik mana yang menjadi masalah itu bisa menjadi langkah dan upaya untuk dioptimalisasi.

“Karena sebenarnya kan itu juga masuk program prioritas 100 hari kerja Pemerintah daerah kota Ternate. Namun sejauh ini progresnya belum begitu maksimal. Walaupun ada pembenahan dewan direksi internal PDAM dengan disahkannya Perda Akemalako yang itu dibahas di DPRD. Namun kita harapkan harus optimal,” pungkas Politisi Nasdem itu.

Menurut Lela sapaan akrabnya, Direktur PDAM Thamrin Alwi lemah untuk mengantisipasi persoalan air bersih.

“Ia salah satunya sisi itu, dan mungkin juga sudah ada upaya. Dan upaya itu harus tersentuh dengan masyarakat,” ungkapnya.

Untuk Maliaro sendiri katanya sudah konfirmasi langsung ke Dirut PDAM, dan ternyata ada pekerjaan pembuatan sumur resapan yang dikerjakan oleh PUPR.

Sehingga jika sudah selesai pekerjaan maka akan dialihkan dibeberapa titik di kelurahan Maliaro untuk menunjang kondisi air tanah.

“Kita berharap mudah-mudahan ditahun ini bisa diselesaikan,” pintanya.

Begitu pun beberapa titik lain yang mengalami masalah air bersih, diharapkan bisa teratasi karena DPRD juga sudah menyarankan harus punya pemetaan wilayah yang dialiri air dari PDAM.

“Kita berharap semoga di tahun 2022 itu bisa dilakukan pembenahan instalasi air, jaringan dan lainnya. Yang akan diakomodir di APBD tahun 2022 karena di tahun 2021 ini anggarannya terbatas,” tambahnya. (Sukur L)

Sumber : http://beritamalut.co/2021/08/30/komisi-iii-sarankan-pdam-lakukan-pemetaan-titik-mana-dilakukan-optimalisasi/

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

BeritaTerkait