Pemkot Ternate Perlu Pemetaan Wilayah Soal Air Bersih

Pelayanan air bersih di Kota Ternate, Maluku Utara rupanya masih belum maksimal dan merata. Masih banyak warga Ternate mengeluh soal ketersediaan air bersih. Seperti di Kelurahan Maliaro RT 02, RT 05 dan RT 10.

Sedangkan, di RT 17 Maliaro mengaku sudah 5 hari tidak terlayani air bersih dari PDAM. “Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kami terpaksa harus membeli air profil tank. Masalah ini, butuh perhatian serius dari pemkot sebab menyangkut dengan pelayanan dasar,”kata Is salah satu warga Maliaro kepada malutpost.id, Selasa (24/8/2021).

Keluhan warga soal air bersih mendapatkan respon dari DPRD Kota Ternate. Anggota Komisi III, Nurlaela Syarif mengatakan, keluhan air bersih tidak hanya di Kelurahan Maliaro, beberapa kelurahan lainnya juga mengalami nasib serupa. Seperti Kelurahan Muhajirin, Tabona RT 01, Kalumata RT 17, dan Kalumpang RT 02.

Menurutnya, di Kelurahan Kalumpang RT 02 RW 03 ada beberapa rumah yang tidak mendapatkan pelayanan air bersih hampir setahun. Warga sempat melapor dan air jalan namun, tak lama kembali macet .

“Serta kata warga masih tetap melakukan pembayaran terhadap tagihan air. Kami mendorong agar pelayanan PDAM berkelanjutan dan solutif bagi masyarakat sehingga tidak ada lagi keluhan,”ungkapnya.

Dia biang, pelayanan air bersih di Ternate belum ‘andalan’. Pasalnya, masih banyak keluhan masyakat soal pelayanan dasar tersebut. Untuk itu, dia berharap, pelayanan air bersih yang masuk pada visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate segera diwujudkan.

“Persoalan air bersih sudah sangat lama. Untuk itu, dibutuhkan adanya pemetaan kawasan mana yang belum menikmati air bersih dan dibutuhkan solusi terbaik,”tandas politis Partai Nasdem tersebut.(tr-03)

Sumber : https://news.malutpost.id/2021/08/24/pemkot-ternate-perlu-pemetaan-wilayah-soal-air-bersih/

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

BeritaTerkait