F-NasDem DPRD Kota Ternate: Jika Ada Lockdown Pemkot Harus Jamin Ekonomi Warga

Fraksi Partai Nasional Demokrat (F-NasDem) Kota Ternate menyampaikan, jika kemungkinan status siaga darurat Corona Virus (Covid-19) diperpanjang sampai bulan april 2020, maka maka Pemkot Ternate segera siapkan langkah ikhtiar.

Ketua Fraksi NasDem DPRD Kota Ternate, Nurlaela Syarif mengatakan, semoga penyebaran Covid-19 tidak meluas, namun Pemkot perlu ikhtiarkan karena Kota Ternate adalah pintu masuk dari penerbangan udara maupun laut.

Untuk itu, kata Nurlaela, jika ada kebijakan karantina wilayah di Kota Ternate, maka keputusan tersebut harus diikuti oleh jaminan ekonomi kepada rakyat Ternate.

“Jika kebijakan karantina wilayah terjadi. Kami desak Pemkot Ternate segera merumuskan kebijakan rencana aksi terkait masalah pangan, masalah metode pendidikan belajar mengajar, terus masalah fasilitas kesehatan, hak dasar pendidikan dan kesehatan rakyat Ternate harus terpenuhi,” tegasnya.

Masalah lain, lanjut Nurlaela, mampu memberikan subsidi listrik dan air dalam masa karantina wilayah harus dijamin. Sebab selam di rumah diminta cuci tangan dengan air mengalir.

“Yang tadinya listrik kurang terpakai, akhirnya mahal karena semua dirumah pastinya berkonsekuensi pada harga listrik melonjak, sama halnya juga air,” ujar Nella sapaan akrab Nurlaela.

Ketua Fraksi NasDem berharap, rencana ini harus segera dirumuskan, lalu berikan subsidi itu kepada masyarakat.

Nella mengusulkan, apabila Pemprov dan Pemkot terpaksa melakukan karantina wilayah untuk menekan virus Corona. Dan pemerintah pusat menyetujui ini dengan catatan, karantina wilayah dilakukan untuk migrasi manusianya saja, sementara untuk distributor logistik tetap berjalan.

Mengingat Kota Ternate sangat bergantung pada wilayah luar seperti, Manado, Bitung, Surabaya, Halmahera dll. Selain itu kebijakan  subsidi kepada rakyat juga harus dipikirkan.

“Perlu kami tegaskan, menjelang ramadhan dipastikan akan terjadi lonjakan mudik ke Ternate, mulai dari mahasiswa dan lain-lain,” jelasnya.

Penting juga F-NasDem meminta Pemkot menjamin ketersediaan pangan untuk rakyat.  Menurutnya, Gula sudah dua minggu langka, bagaiman dengan ketersediaan beras, dan lainnya. Bagaimana ketersedian cadangan seperti ubi, sagu, gula merah, dan lain-lain untuk antisipasi.

Nella menembahkan, harus sinkron antara provinsi dan kota Ternate dalam menjalankan keputusan ini. Serta sampaikan kepada publik jika Malut atau Ternate siap apabila karantina dilakukan.(red)

Sumber : https://indotimur.com/nusantara/f-nasdem-dprd-kota-ternate-jika-ada-lockdown-pemkot-harus-jamin-ekonomi-warga

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

BeritaTerkait