Ketiadaan Rumah Produksi Jadi Kendala Pengembangan UMKM di Ternate

Reses Anggota DPRD Kota Ternate, Maluku Utara, mulai berlangsung sejak 10 hingga 16 Agustus 2020. Ketua Fraksi Nasdem Nurlaela Syarif memanfaatkan reses kali ini untuk mengunjungi sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah pemilihannya, Ternate Tengah.

Nurlaela menuturkan, dalam situasi krisis karena pandemi Covid-19, salah satu sektor yang cukup kena dampak yaitu pelaku UMKM.

“Saya mendapat banyak keluhan kaitan belum maksimalnya upaya Pemerintah Kota Ternate membantu pelaku UMKM. Untuk itu saya perlu memperkuat dengan turun langsung mengetahui apa kendala dan langkah yang harus segera dilakukan,” jelasnya, Sabtu (15/8).

Nurlaela bilang, di wilayah Dapil Ternate Tengah ada 16 kelurahan. Sebagian besar sebaran pelaku UMKM ada di wilayah ini dengan beragam produk, mulai dari produk makanan hingga minuman kemasan lokal.

“Selama ini kendala dari pelaku UMKM seperti Tanawan di Kelurahan Maliaro, Serba Usaha Disabilitas di Kelurahan Kalumpang, Rumah Oleh-oleh di Kelurahan Santiong dan lain-lain, kendalanya yaitu kaitan bantuan Pemkot Ternate untuk rumah produksi produk mereka,” terangnya.

Diakui Nurlaela untuk membangun rumah produksi dibutuhkan biaya berkisar Rp 100 juta hingga Rp 150 juta. Selain itu juga lokasi pembangunannya.

“Pelaku usaha terkendala rumah produksi, dan ini sudah sejak lama. Kami Fraksi Nasdem Ternate akan berupaya untuk membantu melalui jejaring instrumen pembiayaan lain seperti dana CSR perusahaan. Makanya saya turun langsung untuk cek kondisi dan sekaligus arahkan UMKM buat proposal kebutuhan, kebetulan kami ada rekanan yang mau bantu,” katanya.

Dia menambahkan, rumah produksi usaha UMKM sangat penting agar produk yang diproduksi mendapat label produk mulai dari BPOM dan SNI.

“Jika label ini sudah dimiliki tentu akan membantu pelaku UMKM memperluas segmentasi pasarnya,” tandas Nurlaela.

Sumber : https://www.tandaseru.com/2020/08/15/ketiadaan-rumah-produksi-jadi-kendala-pengembangan-umkm-di-ternate/amp/

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

BeritaTerkait