Fraksi NasDem Minta Dinas Koperasi dan UKM Buka Data Penerima DID

Fraksi NasDem di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate mendesak Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Ternate membuka data base daftar penerima Dana Insentif Daerah (DID).

Ini dilakukan agar ada transparansi, bagi penerima, apakah tepat sasaran atau tidak.

“Terutama di Dinas Koperasi dan UKM yang sesuai data itu sebanyak 9000 penerima dimana totalnya masing-masing Rp 2.400.000. Ini penting sehingga ada transparansi data base penerima bantuan tersebut dan diinformasikan ke publik atau DPRD sebagai keterwakilan masyarakat,” kata Ketua Fraksi NasDem DPRD Kota Ternate Nurlaela Syarif, Rabu (23/12/2020).

Menurutnya, keterbukaan informasi ini diharuskan untuk diketahui siapa saja yang menerima dan betul tepat sasaran atau tidak.

Jangan sampai ada penerima tidak melalui mekanisme atau yang menerima tidak mendapatkan hak-hak sesuai yang terdaftar. Karena selama ini system data base Kota Ternate sangat lemah dan tiba saat tiba akal.

”Maka itu kami (Fraksi NasDem) menekankan ke Dinas Koperasi bahwa kami akan terus memantau dan mengontrol penyaluran DID ini, benar-benar tersalurkan ke pelaku usaha yang terdampak covid-19,” ujarnya.

Untuk itu katanya Fraksi Nasdem segera meminta data penerima penyaluran DID untuk dijadikan bahan evaluasi.

“Ini bantuan dari APBN dengan nilai Rp 14 miliar untuk sejumlah SKPD di Kota Ternate, sehingga diharapkan masyarakat juga ikut memantau dan kami juga akan bersama-sama mengawal peruntukannya agar dinas tak salah dalam pembagiannya,” tegas Nurlela. (Sukur L)

Sumber : http://beritamalut.co/2020/12/23/fraksi-nasdem-minta-dinas-koperasi-dan-ukm-buka-data-penerima-did/

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

BeritaTerkait