NasDem Dukung Lockdown

Setelah Wakil Ketua DPRD Kota Ternate Heny Sutan Muda, kini giliran Fraksi NasDem memberikan dukungan bila pemerintah pusat akan memberlakukan lockdown atau karantina wilayah. Bila langkah ini benar-benar akan diambil maka, Pemprov Malut dan Pemkot Ternate diminta lebih intens berkoordinasi. “ Jelang Ramadan nanti pasti banyak warga orang Ternate dari luar daerah akan pulang. Terutama mereka yang mahasiswa. Ini harus diantisipasi dengan karantina wilayah, jangan sampai mereka datang justru membawa virus, apalagi mereka dari daerah-daerah endemi seperti Jakarta dan beberapa wilayah lain,” kata Ketua Fraksi NasDem, Nurlaela Syarif, kemarin (29/3).

Menurutnya, karantina wilayah yang dimaksudkan hanya untuk migrasi manusia, sementara untuk distributor logistik tetap berjalan, mengingat Kota Ternate sangat bergantung pada wilayah luar seperti, Manado, Bitung, dan Surabaya, bahkan Halmahera. Bila karantina wilayah dilakukan, Pemkot sudah harus berpikir terkait jaminan ekonomi, hak-hak pelayanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan. “ Pemerintah juga harus berpikir untuk melakukan subsidi seperti listrik dan air,” tandas Anggota Komisi III ini.

Dua hal ini, kata Nella, sapaan akrabnya,  harus disubsidi karena selama karantina, kebutuhan air dan listrik sudah pasti akan melonjak. “ Pemprov dan Pemkot sudah harus membicarakan skenario ini jauh-jauh hari agar ketika diterapkan pemerintah sudah siap dan tidak membuat panik masyarakat karena langkah-langkah antisipasi telah dirumuskan sejak awal,” pungkas srikandi DPRD ini.(mg-05/rul)

Sumber : https://www.malutpost.id/news/read/majang-polis/5881/nasdem-dukung-lockdown

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

BeritaTerkait