Pengembangan Startup Wirausaha Muda Inkubator Bisnis Kampus

Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MOU) antara UKM IKM Nusantara Maluku Utara dan Universitas Muhammadiyah Ternate bertekad kolaborasi untuk pengembangan startup wirausaha muda keren semangat maju bersatu pada Kamis (27/5).

Menurut Nurlaela Syarif, selaku Ketua Wilayah UKM IKM Nusantara Maluku Utara, program ini bertujuan untuk menciptakan tidak hanya mental berwirausaha di kalangan mahasiswa tapi langsung melakukan pendampingan dan pengembangan sejak dini agar mahasiswa mulai menanamkan niat dan action untuk menjadi pelaku usaha semasa di kampus bahkan nanti sampai lulus kuliah.

Menurut Nurlaela selama ini kampus sebagai tempat kaum intelektual fakta di lapangan lulusannya banyak yang menganggur bahkan cenderung berpikir jadi PNS, kerja di pertambangan dan bahkan tanpa tujuan.

“Maka dari itu kami perlu bersinergis dengan seluruh stakeholder untuk meningkatkan peluang usaha dan menekan angka pengangguran. Ini baru tahap awal MoU dan pelatihan nanti ada model inkubator bisnis yang berkelanjutan,” ujar Ketua UKM IKM Hj. Chandra Manggih Rahayu.

Lebih lanjut Rektor UMMU Saiful Deni dalam sambutannya menyampaikan, kami sangat menyambut baik kerja sama ini, karena selama ini beberapa program studi kami sudah produksi hasil pangan lokal, seperti prodi pertanian visi misinya berdayakan pangan lokal komoditi unggulan rempah-rempah yang sudah jadi produk seperti kopi rempah, minuman buah pala, vco oil, minyak kelapa dan produk lainnya.

“Dengan adanya kerjasama ini kami yakin akan mempercepat pengembangan wirausaha di perguruan tinggi,” ujar Rektor.

Sementara itu, turut hadir Menteri Koperasi UKM RI Bapak Teten Masduki memberikan sambutan secara virtual dan Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro Kementerian Koperasi RI Rulli Nuryatno memberikan materi dan motivasi tentang wirausaha muda keren semangat maju bersatu.

“Kegiatan ini sangat potensial mendorong pengembangan wirausaha muda dan apresiasi kami atas upaya seluruh pihak mendorong percepatan umkm di Indonesia. Kementrian selalu mendorong dan memberikan dukungan atas upaya ini,” ujar Rulli.

Acara dihadiri 150 mahasiswa ummu secara langsung dan juga secara virtual zoom meeting dan live youtube. Menampilkan juga karya anak muda Ternate dalam bentuk aplikasi marketplace Pasar Ternate dan ojek daerah online atau onde serta pameran produk dari mahasiswa Ummu Ternate.

(SBN/Redaksi)

Sumber : http://koranburuh.com/produk/item/1314-pengembangan-startup-wirausaha-muda-inkubator-bisnis-kampus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

BeritaTerkait